Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang terkenal

7 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Akan Membuatmu Terpesona Dibuatnya

Sukabumi merupakan sebuah dataran tinggi yang dihimpit oleh Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Wajar bila di daerah ini memiliki udara yang sejuk. Selain di apit oleh gunung, di sukabumi juga mempunyai pantai serta laut yang indah, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Ujung Genteng dan masih banyak yang lainnya.

Asal kata sukabumi diambil dari kata yaitu Soeka yang mempunya arti “cinta, suka” dan bhoemi yang mempunyai arti “tanah yang dicinta/suka”.
Kawasan wisata di Sukabumi didominasi oleh wisata alam yang sungguh menakjubkan. Contohnya seperti danau, situ, air terjun dan masih banyak yang lainnya. Jika ingin tau lebih lengkap tempat wisata yang ada di SUkabumi, mari simak artikelĀ  berikut ini.

1. Curug Cikaso

Curug cikaso merupakan salah satu wisata alam di Sukabumi
peepindonesia.com

Air tejun Curug Cikaso berasal dari Sungai Cikaso. Di kawasan Curug Cikaso ini sebenarnya mempunyai tiga air tejun. Yang ketiga air terjun ini mempunyai nama yang berbeda-beda. Di yang paling kanan yang posisinya agak tersembunyi ada Curug Aki, geser kesebalah tengah terdapat Curug Meong dan yang paling kiri itu namanya Curug Asepan.

Terdapat sebuah kolam di bawah ketiga air terjun itu yang memiliki warna hijau kebiruan yang menyegarkan mata. Biasanya para pengunjung menggunakan kolam itu untuk berendam, berenang atau mungkin sekedar untuk bermain air. Aliran air yanga ada di kolam ini akan berakhir di Muara Tegal Buleud. Lebar tebing Curug Cikaso ini sekitar 100 meter, dan mempunyai tinggi sekitar 80 meter.

2. Curug Cigangsa

Air terjun Curug Cigangsa
sirius87a.wordpress.com

Konon awal mula terbentuknya Curug Cigangsa ini karena dahulu pernah terjadi gempa yang sangat kuat, yang akhirnya menimbulkan longsor. Curug Cigangsa mempunyai tiga tingkatan dan bebatuan yang berwarna kehitaman. Namun tak seperti Curug-curug pada umumnnya yang mempunyai debit air yang deras, Curug Cigangsa ini mempunyai debit air yang terbilang kecil. Hal ini disebabkan karena di bagian hulu curug dibendung untuk keperluan sarana irigasi. Walaupun begitu, curug ini tak kalah indahnya dengan curug-curug yang lainya. Kamu bisa mengambil foto di Curug ini dengan latar belakang air terjun yang indah dipandang mata.

3. Curug Cimarinjung

Indahnya Curug Cimarinjung Sukabumi, surga yang terpendam
jelajahsukabumi.wordpress.com

Curug ini tidak terlalu memiliki ailian air yang deras, dan banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan curug ini. Curug Cimarinjung berada di daerah kabupaten Sukabumi tepatnya di kawasan Geopark Ciletuh. Saat tiba di curug ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan yang menakjubkan. Bebatuan yang besar serta tebing curug yang berwarna kecoklatan membuat ingatanmu mungkin sedang merasa di Grand Canyon sana.

Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter. Dalam foto ini terlihat curug ini sangat menawan, memang benar karena alirannya yang sedang tidak terlalu begitu deras. Namun jik alirannya sedang deras, kamu harus lebih berhati-hati.

4. Pemandian Air Panas Cipanas

Lokasi tempat wisata ini pemandian air Cipanas Sukabumi dekat dengan Pelabuhan ratu
travelagentjakarta.com

Pemandian air panas di Cipanas ini merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Sukabumi. Karena selain harganya yang terjangkau, juga suasana pemandian air panasnya sendiri yang santai dan bisa membuat rilex siapa saja yang berendam di sana. Lokasi pemandian air Cipanas ini berjarak sekitar 15 km dari Pelabuhan Ratu.

Sumber air panas keluar dari dalam tanah dan bebatuan yang memancar cukup tinggi. Selain dijadikan tempar wisata, sebagian wisatawan percaya bahwa air panas bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Untuk menunjang tempat wisata ini, pemerintah dan pengelola sudah membangun berbagai fasilitas penunjang seperti kolam khusus berenda, pondok tempat beristirahat serta tempat penginapan.

5. Situ Sukarame

Situ Sukarame yang sangat indah
qolbunhadi.com

Situ Sukarame berada di kaki Gunung Salak. Persisnya berada di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Ada yang hal unik dari situ ini, karena ternyata situ ini merupakan tempat bertemunya 7 sungai, yaitu sungai Cipangelah, sungai Cikahuripan, sungai Citaman, sungai Cisalada, sungai Cisela dan sungai Cisarandi.

Dari cerita warga sekitar, kawasan situ ini pada awalnya merupakan sebuah hutan belantara, lalu salah seorang warga Belanda membendung sungai hingga akhirnya menjadi Situ Sukarame. Di kawasan ini kamu bisa menikmati fasiitas permainan yang ada, contohnya sepeda air yang dikelola oleh warga setempat dan pemerintah.

6. Situ Gunung

Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang terkenal
qolbunhadi.com

Jika kamu merasa pusing akan hiruk-pikuknya suasana kota yang kamu tinggali, untuk menghilamngkannya kamu bisa mengunjung kawasan wisata yang cukup populer di Sukabumi yaitu Situ Gunung. Letak situ gunung ini berada di kaki Gung Gede Pangrango. Saat kamu berkunjung ke sini, kamu akan menikmati suasana yang akan membuat dirimu tenang, danau yang begitu indah dan dikelilingi pohon-pohon yang rindang membuat kamu akan betah lama-lama berada di kawasan ini. Selain dijadikan tempat wisata, Situ gunung juga bisa dijadikan untuk tempat kemping yang pas bersama teman-temanmu. Namun jika memang niat ingin berkemah, kamu harus lapor terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga di pos penjagaan.

7. Arung Jeram Sungai Citarik dan Sungai Citatih

Derasanya aliran sunga citarik membuat adrenalinmu tertantang
qolbunhadi.com

Untuk yang hobi arung jaram, sepertinya Sungai Citarik dan Sungai Citatih adalah tempat yang cocok untuk menguji adrenalinmu. Arung jeram sungai citaara. Sedangkan Sungai Citarik berada di Desa Bojongkerta, Kecamatan Warungk berada di Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhanratu.

Namun untuk kamu yang baru pertama kali melakukan arung jeram dan masih pemula, sebaiknya memilih Sungai Citarik terlebih dahulu yang mempunyai medan yang tidak terlalu sulit. Sedang, jika untuk yang sudah terbiasa melakukan arung jeram, Sungai Citatih adalah tempat yang pas untuk menguji adrenalinmu karena disini memiliki arus sungai yang cukup deras serta rute arum jeram yang lumayan panjang dan lebar.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa tempat wisata yang ada di Sukabumi. Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Sukabumi yang belum disebutkan. Lain kali, kita bahas yang lainnya, oke?
Jadi, kamu mau mulih tempat wisata yang mana?

2 thoughts on “7 Tempat Wisata di Sukabumi Yang Akan Membuatmu Terpesona Dibuatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *