Indahnya Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede (TNGGP) merupakan wisata alam yang terdapat di daerah Cianjur dan Sukabumi. Taman nasional ini diresmikan pada tahun 1980 pada era zaman orde baru. Banyak wisata alam yang terdapat di Gunung Gede Pangrango, diantaranya Bumi Perkemahan Mandalawangi, Curug Cibereum, dan masih banyak lagi yang lainnya. Taman nasional ini memiliki luas 21.975 hektare dan kawasan ini juga ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan, sehingga mempunyai peranan sangat penting dalam hal sejarah konservasi di Indonesia.

Hal Menarik di Gunung Gede Pangrango

 

Gunung Gede {angrangi dilihat diatas puncak
wisatacibodas.com

Di kawasan Gunung Gede Pangrango terdapat berbagai jenis tumbuhan dengan banyak sekali spesies unik didalamnya. Mulai dari “si pemburu serangga” atau yang biasa disebut kantong semar (Nephentes spp), “si pohon raksasa” Rasamala, serta berbagai jenis anggrek hutan. Dan yang lebih mengejutkan lagi, di sini pula terdapat beberapa jenis tumbuhan yang sama sekali belum dikenal nama ilmiahnya, contohnya sebuah jamur yang bercahaya.

Selain tumbuhan, di sini juga menjadi habitat berbagai hewan liar. Contohnya anjing hutan, kepik raksasa, kijang, macan tutul, pelanduk, sigug dan masih banyak yang lainnya. Lebih dari 250 jenis burung dan 100 jenis mamalia tersebar di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di sini juga adalah habitat Elang Jawa, Owa Jawa, Lutung dan Surili yang sudah kita ketahui semua populasinya hampir mendekati punah.

Keindahan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Sudah pasti bagi seorang pendaki, keindahan dan panorama alam merupakan daya tarik tersendiri bagi dia untuk mendaki suatu gunung, tak terkecuali juga dengan Gunung Gede pangrango. Banyak sekali tempat yang indah dan menakjubkan yang terdapat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini. Sulit untuk dituliskan dengan kata-kata, lebih bagusnya kamu mengunjungi sendiri dan rasakan sensasi keindahannya.

Air Terjun Cibereum

Curug di Sukabumi yang wajib kamu kunjungi
ilmupendakigunung.blogspot.com

Air terjun ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Berjarak sekitar 3,5 km dari Selabintana, nama tempat wisata yang ada di Sukabumi. Di sini kamu bisa melihat curug atau air terjun yang sangat indah dan mempunyai air yang sangat jernih. Banyak orang yang sudah mengetahui akan keberadaan Curug Cibereum ini, namun karena jaraknya yang lumayan jauh dan medan yang harus di tempuh itu tidak mudah, jadi dijamin keasriannya masih sangat terjaga. Saat memasuki kawasan ini, kamu akan dikenai biaya 3.000 oleh petugas yang berjaga.

Karena jaraknya yang cukup jauh, terdapat pula beberapa penginapan yang ada di sekitar Curug Cibereum, sebut saja di gerbang TNGGP Resort Selabintana, lokasi kedua berada 500 meter dari gerbang TNGGP dan lokasi ketiga dan keempat itu berada 800 meter dari gerbang TNGPP dan sangat berdekatan langsung dengan hutan rimba.

Telaga Biru

Telaga atau Danau Biru Gunung Gede Pangrango
nrmnews.com

Telaga biru merupakan kawasan wisata yang berada di jalur pendakian puncak Gunung Gede Pangrango dan masih berada di dalam kawasan Taman Nasional gunung Gede Pangrango. Posisinya berada tidak jauh dari gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, mungkin berjarak sekitar 1,5 km. Nah, perjalanan menuju kawasan ini juga searah dengan air terjun atau curug Cibereum.

Alun-alun Surya Kencana Gunung Gede Pangrango

Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango
bandung.panduanwisata.id
Bunga Edelweiss di Gunung Gede Pangrango
dedeanggriawan.blogspot.com

JIka kamu penggemar bunga edelweiss, maka Alun-alun Suryakencana adalah salah satu tempat terbaik untuk bisa melihat bunga ini tumbuh dengan indahnya. Alun-alun Surya Kencana bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 4-5 jam yang masuknya itu melalui jalur Gunung Putri. Para pendaki Gunung Gede sering mengunjungi tempat ini untuk beristirahat dan mengambil foto di tempat ini. Di sini pun disediakan untuk untuk berkemah bagi para pendaki yang ingin beristirahat sejenak.

Jika jalur pendakian dari Cibodas, kamu akan merasakan sensasi yang tak jauh beda ketika melewati Curug Cibereum karena jalannya yang memang sama. Kemudian kamu akan melewati jalur pendakian dengan pemandangan hutan tropis yang sangat menakjubkan. Di sana pula terdapat sebuah sumber mata air panas yang sering digunakan untuk keperluan istirahat para pendaki.

Kandang Badak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
superduperlebay.wordpress.com

Kemudian ada juga nih Kandang Badak yang merupakan persimpangan antara Gunung Pangrango dengan Gunung Gede. Saat sampai di Kandang Badak, kamu bisa memiilih pendakian mana yang akan kamu lakukan terlebih dahulu. Selanjutnya kamu akan melalui tanjakan rante yang mempunyai kemiringan hampir 180 derajat. Namun tenang saja, saat melewati itu sudah disiapkan pancang tali untuk membantu kamu.

wisatacibodas.com
wisatacibodas.com

Mendekati puncak Gunung Gede, pepohonan yang dulu begitu tinggi dan besar kini semakin pendek dengan berbagai spesiesnya yang unik. Dan begitu sampai puncak, kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang begitu indah memanjakan mata. Namun jika kamu ingin sampai ke puncak kawah, kamu harus berjalan beberapa kilometer lagi dimana disebelah kanan dan kirinya terdapat tebing yang cukup curam.

Jika cuaca sedang bagus, kamu bisa berkemah di puncak gunung Gede yang menghadap langsung ke arah kawah. Di jamin kamu akan mendapakan sensasi yang tak terlupakan. Akan tetapi kalau cuaca sedang buruk, sebaiknya kamu berkemah di Alun-alun Suryakencana yang tempatnya cukup aman da berada disisi lain tebing Gunung Gede.

Terakhir, panorama yang tidak kalah menakjubkannya adalah kamu bisa menikmati sunrise yang begitu indah.

Sunrise Gunung Gede Pangrango yang begitu menakjubkan.
google.com

Jadi, kapan kamu akan berencana berjelajah di Taman nasional Gunung Gede Pangrango? Semoga seru yaa 😀

One thought on “Indahnya Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *