Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang terkenal

Menikmati Indahnya Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang cukup terkenal. Tak jarang para wisatawan lokal ketika hari libur telah tiba datang berbondong-bondong ke tempat ini bersama keluarga dan kerabatnya. Udara dan suasana di Situ ini sangat sejuk, maklum karena Situ Gunung ini masih berada di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango. Jadi kalau mau ke sini, sebaiknya anda bawa baju yang tebel ya kecuali kalau mau kedinginan, hehe.

Selain sebagai tempat wisata untuk melepas penak karena suasananya yang sejuk dan tenang, Situ Gunung juga kerap kali di datangi para potografer untuk mengambil gambar di area ini. Sudah menjadi rahasia umum, Situ Gunung merupakan salah satu Situ paling indah yang ada di Jawa Barat. Sehingga para pecinta fotografi sering sengaja datang ke sini untuk mengambil keindahan Situ Gunung ini atau pun juga untuk mengambil pemotretan di sini. Banyak foto pre-wedding yang dilakukan di tempat ini.

Bukan hanya sebagai tempat liburan dan fotografi saja ternyata, kawasan wisata Situ Gunung ini juga bisa di gunakan untuk tempat berkemah yang cocok dan nyaman. Tempatnya asri, ada juga fasilitas outbondnya dan tak jauh dari danau Situ Gunung juga terdapat wisata alam yang lainnya yaitu Curug Sawer. Namun jika ingin berkemah, anda harus melapor dulu ke petugas di pos penjagaan.

qolbunhadi.com
qolbunhadi.com

Foto-foto Kawasan Wisata Situ Gunung

qolbunhadi.com
qolbunhadi.com
Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang terkenal
qolbunhadi.com

Rute Perjalanan Menuju Situ Gunung

Jika dari Jakarta

JIka anda dari Jakarta dan ingin berkunjung ke Situ Gunung, maka ada beberapa pilihan alternatif yang bisa anda coba untuk sampai ke Situ Gunung, yaitu dengan Kendaraan Pribadi atau dengan Angkutan Transportasi

1. Kendaraan Pribadi

Dari Jakarta bisa menyusuri jalan tol JAGORAWI dan keluar dari pintu tol Ciawi. Setelah keluar dari Ciawi, kemudian telusurilah jalan raya nasional Bogor – Sukabumi. Waktu yang dibutuhkan dari Bogor ke Sukabumi kurang lebih 2-3 jam. Setelah sampai di pertigaan Cisaat dan sudah memasuki area sukabumi, kemudian anda mengambil jalan ke arah Kadudampit. Anda hanya perlu lurus saja dan ikuti jalan sampai nanti bertemu kawasan wisata Situ Gunung. Jika dihitung, total perjalanan dari Jakarta menuju Situ Gunung Sukabumi sekitar 5-6 jam.

2. Angkutan Transportasi

Terdapat beberapa alternatif jika anda ingin menuju Situ Gunung menggunakan Angkutan Transportasi. Antara lain memakai Kereta atau Bus.

Jika menggunakan kereta dari Jakarta, terlebih dahulu anda bisa menuju Bogor dan turun di stasiun Bogor. Kemudian anda beralih menuju kereta jurusan Bogor – Sukabumi yang terdapat di stasiun Paledang yang tak jauh berada dari stasiun Bogor. Jika telah menaiki kereta, nanti bisa turun di Stasiun Cisaat. Perjalanan dari Bogor ke Sukabumi menggunakan kereta kurang lebih 2 jam. Selanjutnya jika telah sampai di stasiun Cisaat, anda bisa meneruskan perjalanan dengan naik angkot jurusan Mangkalaya – Cisaat, dilanjut dengan Cisaat – Kadudampit. Setelah menaiki angkot jurusan Cisaat – Kadudampit, maka anda akan berakhir di kawasan wisata Situ Gunung. Tarif angkot sendiri sebesar rp. 5.0000, sedangkan untuk kereta jurusan Bogor – Sukabumi yaitu sebesar Rp. 25.000 untuk kelas ekonomi dan Rp. 50.000 untuk kelas bisnis.

Namun jika anda menggunakan Bus dari Jakarta, anda bisa naik bus jurusan Jakarta – Sukabumi yang terdapat di beberapa terminal Jakarta. Saat sampai di Sukabumi, nanti anda turun di pertigaan Cisaat. Setelah itu, perjalanan dilanjut menggunakan angkot jurusan Cisaat – Kadudampit.

Jika dari Bandung

JIka anda dari Bandung dan ingin berkunjung ke Situ Gunung, maka ada beberapa pilihan alternatif yang bisa anda coba untuk sampai ke Situ Gunung, yaitu dengan Kendaraan Pribadi atau dengan Angkutan Transportasi.

1. Kendaraan Pribadi

Dari Bandung bisa menyusuri jalan nasional Bandung – Cianjur – Sukabumi. Waktu yang dibutuhkan dari Bandung ke Sukabumi kurang lebih 3 – 4 jam. Setelah sampai di pertigaan Cisaat dan sudah memasuki area sukabumi, kemudian anda mengambil jalan ke arah Kadudampit. Anda hanya perlu lurus saja dan ikuti jalan sampai nanti bertemu kawasan wisata Situ Gunung. Jika dihitung, total perjalanan dari Bandung menuju Situ Gunung Sukabumi sekitar 4-5 jam.

2. Angkutan Transportasi

jika anda menggunakan Bus dari Bandung, anda bisa naik bus jurusan bandung – Sukabumi yang terdapat di terminal Leuwi Panjang, Bandung. Saat sampai di terminal Sukabumi, nanti anda naik angkot warna hijau jurusan Sukabumi – Cisaat dan turun di pertigaan Cisaat. Setelah itu, perjalanan dilanjut menggunakan angkot jurusan Cisaat – Kadudampit. Jangan dulu turun sampai angkot benar-benar berhenti di kawasan wisata Situ Gunung. Kalau dihitung, perjalanan dari Bandung menuju Situ Gunung Sukabumi kurang lebih 5-6 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *