Menyusuri Keindahan Tersembunyi Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu merupakan salah satu wanawisata alam yang berada di desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Wisata ini merupakah salah satu tempat wisata favorit di Sukabumi. Banyak sekali kegiatan yang dapat anda lakukan saat mengunjungi area wisata ini, diantaranya adalah camping, canyoning, caving, rappelling dan outbond. Akan tetapi yang paling dikenal oleh para wisatawan adalah caving nya.

pesonanegeriku.com

Untuk bisa sampai menuju wisata Goa Buniayi ini, jika dari pusat kota Jakarta dibutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Saat sudah sampai di pusat kota Sukabumi, anda harus melanjutkan perjalanan lagi sejauh kurang lebih 26 km ke arah selatan Sukabumi. Jalan yang dilalui lumayan berkelok-kelok karena melewati punggung bukit daerah selatan Sukabumi. Selama perjalanan dari gerbang masuk menuju lokasi goa, anda akan menikmati suasana alam yang begitu menyejukkan.

Indahnya Goa Buniayu

untung09.wordpress.com
untung09.wordpress.com

Goa ini mempunyai 2 area, yakni Goa Horizontal dan Goa Verikal. Area Goa Horizontal biasanya diperuntukkan untuk anak-anak. Di sini mereka masih dapat menyusuri goa karena medannya yang cukup mudah. Hal itu dapat terlihat dari adanya beberapa undak-undakan yang berbentuk tangga. Sedangkan Goa Vertikal hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja. Hal itu disebabkan karena medannya yang cukup berat dan berbahaya. Untuk masuk ke dalam pintu goa nya saja anda harus rappeling terlebih dahulu melewati dinding goa yang cukup curam. Kedalaman goa di area ini sekitar 30 meter dan mempunyai panjang sekitar 1,5 km. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri Goa Buniayu ini sekitar 4-5 jam, waktu yang cukup lama tentunya.

 

Banyak orang yang menyebut bahwa Goa Buniayu ini menyerupai botol. Penyebabnya adalah jalan masuk ke dalam goa yang cukup sempit, namun saat mulai memasuki dan berada di dalam goa, ternyata mempunyai area yang sangat luas. Saat memasuki lorong goa, anda akan disambut dengan sungai dan air terjun yang berada di bawah tanah, rangkaian indah stalakmit dan stalaktit dan masih banyak ornamen-oranmen alam lain khas goa. Sepanjang perjalanan menyusuri goa, anda akan melihat ornamen-ornamen itu sampai akhirnya anda keluar dari sisi goa yang lain.

Saat menyusuri Goa Buniayu, anda akan dilengkapi peralatan caving yang terdiri dari wear pack anti air, sepatu bot anti licin, lampu penerangan, sarung tangan dan helm. Selain itu, anda juga mungkin harus mempersiapkan beberapa peralatan lain seperti headlamp, karabiner, dynamic/statistic rope dan steel ladder.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan saat menjelajahi goa ini. Ada bagian dimana anda akan dituntut untuk melewati jalanan yang berkelok-kelok, melompati bebatuan yang berlumpur, menerobos lorong-lorong yang sempit dan merayap di dinding goa yang beralaskan jurang di bawahnya. Masing-masing bagian tentu akan memberikan rasa tersendiri yang sangat mengesankan. Selain itu, anda bisa menikmati keindahan sungai, danau dan air terjun yang berada di dalam goa. Tentunya keindahan-keindahan ini akan semakin membuat anda tak bisa melupakan pengalaman caving di Goa Buniayu ini.

Dengan melakukan caving di Goa Buniayu, tentunya akan membuat anda bersyukur karena bisa menikmati kebesaran Tuhan yang begitu indahnya. Di saat anda tidak bisa menikmati cahaya, berada dalam kegelapan di perut bumi, disanalah anda akan merasakan kebesaran Tuhan.

Air Terjun Bibijilan

paketwisatamurah.co.id

Setelah menikmati keindahan Goa buniayu, anda bisa meneruskan perjalanan menuju Curug atau Air Terjun Bibijilan. Di Curug ini anda bisa membersihkan badan dari lumpur yang didapat saat menyusuri goa. Selain itu, anda juga bisa merasakan serunya bermain water rapelling.

Keindahan menjelajah perut bumi dan Kenikmatan bermain water raffling semua itu bisa anda dapatkan di kawasan wisata Goa Buniayu Sukabumi. Untuk menikmati sensasi wisata ini, anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 250.000 – Rp. 350.000. Agar bisa lebih murah lagi, sebaiknya anda membawa rombongan yang banyak. Selamat berpetualang. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *