Pesona Keindahan Pantai Karang Hawu Sukabumi

Pantai karang Hawu mempunyai ciri utama yaitu karang dan tebingnya yang menghadap ke arah laut. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal di Sukabumi. Banyak orang yang mendatangi pantai ini untuk menikmati pemandangan pantai yang mempesona. Terdapat banyak sekali bebatuan karang yang diterjang ombak yang cukup besar.

Sejarah Pantai Karang Hawu

bandung.panduanwisata.id
bandung.panduanwisata.id

Di sebut pantai Karang Hawu karena di area Pantai ini terdapat sebuah karang yang lumayan besar menjorok ke arah laut dan di beberapa bagiannya terdapat lubang berbentuk seperti tungku (dalan bahasa sunda disebut Hawu). Oleh karena itu, pantai ini disebut dengan Pantai karang Hawu.

Dalam cerita legenda Nyi Roro Kidul yang dipercaya oleh warga sekitar, konon salah satu tebing yang terdapat di Pantai Karang Hawu merupakan tempat dimana Nyi Roro Kidul yang merupakan putri dari Raja Prabu Siliwangi itu menceburkan dan menenggelamkan diri ke laut. Penyebabnya karena sang putri yang bernama asli Putri Lara kadita ini bermimpi dan mendapatkan sebuah petunjuk. Dalam mimpinya itu dia diberitahu jika ingin sembuh dari penyakit yang dideritanya, dia harus melompat ke arah laut dan menenggelamkan dirinya sendiri. Saat terbangun, sang putri melakukan petunjuk itu dengan menceburkan dirinya ke dalam laut. Setelah itu, akhirnya penyakit yang di derita sang putri sembuh dan wajahnya kembali cantik seperti sedia kala. Akan tetapi, sang putri tidak kembali lagi ke daratan sampai sekarang. Kini dia dijuluki Nyi Roro Kidul yang artinya Ratu Penguasa Laut Selatan.

Indahnya Pantai Karang Hawu

pasirpantai.com
pasirpantai.com

Keistimewaan yang dimiliki oleh Pantai Karang Hawu ini diantaranya memiliki panorama alam yang sangat indah, hamparan pasir yang luas dan lembut, udara sejuk dan masih banyak lagi yang lainnya. Ketika mengunjungi pantai ini, anda bisa melakukan beberapa aktifitas diantaranya berenang, surfing, memancing atau sekedar duduk santai dipinggiran pantai sembari menikmati udara segar dan sejuk khas pantai. Selain itu, anda juga dapat dengan leluasa melihat keindahan karang-karang yang menghadap ke arah lau itu, dimana salah satu cekungan karangnya terdapat genangan air yang jernih.

Pantai Karang Hawu juga masih kental dengan aroma mistis. Beberapa wisatawan yang mengunjungi pantai ini percaya bahwa ketika airnya dipakai untuk mandi atau membasuh muka, maka akan ada keberkahan yang dia dapat. Bahkan ada sebagian para pengunjung yang sengaja memasukkan air pantai itu ke dalam botol untuk dibawa pulang. Pegunungan Rahayu dan Pegunungan Winarum adalah dua pegunungan yang dapat dinikmati di Pantai karang Hawu ini. Jika ingin menuju puncak pegunungan itu, anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak. Namun tenang saja, selama perjalanan anda bisa menikmati indahnya suasana Pantai Karang Hawu dari ketinggian.

Fasilitas

Di area wisata Pantai Karang Hawu ini terdapat beberapa fasilitas seperti penginapan, warung makan, mini market, mushola, kamar mandi, tempat penyewaan peralatan surfing, area parkir, souvenir cindera mata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rute Menuju Pantai Karang Hawu

Pantai karang Hawu terdapat di kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menuju pantai ini, anda harus memakai kendaraan pribadi karena jarang sekali angkutan umum yang melewati pantai ini. Kalaupun ada, mungkin anda harus menunggu dulu dengan waktu yang cukup lama. Dari pusat Pelabuhan Ratu, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *