Yuk Berlibur ke Kawasan Wisata Selabintana yang Indah dan Mempesona

Salah satu tempat wisata di Sukabumi yang paling favorit adalah kawasan wisata Selabintana. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Gede Panrango, sehingga mempunyai udara yang sangat sejuk dan segar. Kawasan wisata Selabintana mempunyai luas kurang lebih 500 meter persegi dan dari pusat kota Sukabumi mempunyai jarak sekitar 7 km.

Saat berkunjung ke sana, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang memanjakkan mata. Mulai dari tinggingya pepohonan yang rindang, hamparan rumput yang hijau nan asri dan anda bisa langsung melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango dengan jelas. Tak ketinggalan juga hamparan kebun teh yang bisa anda telusuri serta terdapat kolam renang yang tentu airnya sangat menyegarkan. Semua itu ada di kawasan wisata Selabintana.

Kawasan wisata Selabintana sangat cocok sebagai tujuan wisata bagi anda dan keluarga karena tempatnya yang sangat nyaman. Biasanya jika akhir pekan atau hari libur tiba banyak wisatawan yang datang bersama keluarga berkunjung ke Selabintana untuk melepas penat dan mengisi waktu liburnya. Hampir seluruh penjuru kawasan Selabintana ramai di isi oleh para wisatawan. Jadi jika ingin lebih tenang suasananya, disarankan untuk mengunjungi Selabintana pada hari kerja.

Selain para keluarga yang sering berlibur ke Selabintana, banyak juga komunitas-komunitas yang sering membuat acara di Selabintana seperti Gathering, Reuni, Arisan dan lain-lain. Karena mempunyai lapangan rumput hijau yang cukup luas dan suasana yang sejuk, menjadikan kawasan ini selalu jadi pilihan utama bagi para komunitas mengadakan acara di kawasan wisata Selabintana ini.

Rute Perjalanan Menuju Selabinbtana

flickr.com
flickr.com

Jika dari Jakarta

JIka anda dari Jakarta dan ingin berkunjung ke Selabintana, maka ada beberapa pilihan alternatif yang bisa anda coba untuk sampai ke Selabintana, yaitu dengan Kendaraan Pribadi atau dengan Angkutan Transportasi.

1. Kendaraan Pribadi

Dari Jakarta bisa menyusuri jalan tol JAGORAWI dan keluar dari pintu tol Ciawi. Setelah keluar dari Ciawi, kemudian telusurilah jalan raya nasional Bogor – Sukabumi. Waktu yang dibutuhkan dari Bogor ke Sukabumi kurang lebih 2-3 jam. Setelah sampai di Perempatan Lapang Merdeka, anda sudah memasuki area kota Sukabumi. Kemudian anda mengambil jalan ke utara arah Selabintana . Anda hanya perlu lurus saja dan ikuti jalan sampai nanti bertemu kawasan wisata Selabintana. Jika dihitung, total perjalanan dari Jakarta menuju Selabintana Sukabumi sekitar 5-6 jam.

2. Angkutan Transportasi

Terdapat beberapa alternatif jika anda ingin menuju Situ Gunung menggunakan Angkutan Transportasi. Antara lain memakai Kereta atau Bus.

Jika menggunakan kereta dari Jakarta, anda bisa terlebih dahulu bisa menuju stasiun Bogor. Kemudian anda beralih menuju stasiun Paledang yang tak jauh berada dari stasiun Bogor untuk menaiki kereta jurusan Bogor – Sukabumi. Jika sudah naik kereta, nanti bisa turun di Stasiun Sukabumi. Perjalanan dari Bogor ke Sukabumi menggunakan kereta kurang lebih 2 jam. Kemudian jika sudah sampai di stasiun Sukabumi, anda bisa meneruskan perjalanan dengan naik angkot yang berwarna merah jurusan Sukabumi – Selabintana. Setelah menaiki angkot jurusan Sukabumi – Selabintana, maka angkot akan berakhir di kawasan wisata Selabintana. Tarif kereta jurusan Bogor – Sukabumi yaitu sebesar Rp. 50.000 untuk kelas bisnis dan Rp. 25.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan jika tarif angkot itudibuat kesepakatan terlebih dahulu berapa tarifnya, namun biasanya sih sekitar Rp. 10.000 sampai di Selabintana.

Akan tetapi jika menggunakan bus dari Jakarta, anda bisa naik bus jurusan Jakarta – Sukabumi yang terdapat di beberapa terminal di Jakarta. Saat sampai di Sukabumi, nanti anda turun di terminal Sukabumi. Kemudian perjalanan dilanjut menggunakan angkot jurusan Bhayangkara. Turun di Simpang Dago Sukabumi. Selanjutnya, dilanjut menaiki angkot jurusaan Selabintana – Sukabumi. Angkot jurusan Sukabumi – Selabintana tidak beroperasi 24 jam, mereka beroperasi hanya sampai jam 9 – 10 malam.

Jika dari Bandung

JIka anda dari Bandung dan ingin berkunjung ke Selabintana, maka ada beberapa pilihan alternatif yang bisa anda coba untuk sampai ke Selabintana, yaitu dengan Kendaraan Pribadi atau dengan Angkutan Transportasi.

1. Kendaraan Pribadi

Dari Bandung anda bisa menyusuri jalan nasional Bandung – Cianjur – Sukabumi. Waktu yang dibutuhkan dari Bandung menuju Sukabumi kurang lebih 3 – 4 jam. Setelah sampai di pertigaan Toserba Selamet Sukabumi, kemudian anda mengambil jalan ke arah utara menuju Selabintana. Anda hanya perlu lurus saja dan ikuti jalan sampai nanti bertemu kawasan Selabintana. Jika dihitung, total perjalanan dari Bandung menuju Selabintana Sukabumi kurang lebih 4-5 jam.

2. Angkutan Transportasi

Jika menggunakan bus dari Bandung, anda bisa naik bus jurusan Bandung – Sukabumi yang terdapat di terminal Leuwi Panjang, Bandung. Saat sudah memasuki area kota Sukabumi, nanti anda turun di pertigaan Toserba Selamat Sukabumi. Dilanjut dengan naik angkot warna merah jurusan Sukabumi – Selabintana. Jangan dulu turun sampai angkot benar-benar berhenti di kawasan wisata Selabinta. Kalau dihitung, perjalanan dari Bandung menuju Situ Gunung Sukabumi kurang lebih 5-6 jam.

Fasilitas

hotelselabintana.com
hotelselabintana.com

Di kawasan wisata Selabintana sendiri mempunyai banyak fasilitas yang akan membuat anda puas selama berlibur di sana. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya Outbond, Kolam renang, Penginapan, Mushola, dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun tiket harga masuk kawasa wisata Selabintana itu sebesar Rp. 5.000 untuk Individu. Untuk motor Rp. 13.000. Untuk Sedan Rp. 32.000. Untuk minibus Rp. 38.000. untuk Mikrobus Rp. 190.000 dan untuk bis rp. 290.000.

One thought on “Yuk Berlibur ke Kawasan Wisata Selabintana yang Indah dan Mempesona”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *